KPU Pasbar Terima 25.088 Dokumen Dukungan Bacalon Perseorangan

Simpang Empat, kab-pasamanbarat.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat menerima dokumen dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk Pemilihan 2020 yakni pasangan H Agus Susanto SH, MH dan H Rommy Candra, Kamis (20/2/2020). Pasangan ini menyerahkan dokumen dukungan yang tercatat  pada Sistem Informasi Pencalonan (Silon) sebanyak 25.088 dukungan.

Saat penyerahan, bapaslon yang di dampingi 3 orang Liasion Officer (LO) dan 15 orang Pendamping telah menyerahkan dokumen dukungan yang dikemas kedalam 21 Box Plastik. Dokumen tersebut terdiri atas Formulir Dukungan yang tertera dalam formulir  B.1-KWK Persorangan, Selanjutnya formulir B.1.1- KWK Perseorangan yang merupakan rekap dukungan per nagari (desa). Berikutnya ada formulir B.2- KWK Perseorangan merupakan rekap dukungan kabupaten. Adapun formulir B.1.1- KWK Perseorangan terdiri dari 252 Bundel dan formulir B.2- KWK terdiri atas 10 Bundel. Semuanya adalah dokumen untuk 10 Nagari (desa) yang tersebar di 8 kecamatan di Pasaman Barat.

“Selanjutnya Semua Dokumen dukungan dihitung dan diperiksa oleh Tim KPU Kabupaten Pasaman Barat dengan teliti, mulai dari jumlah formulir B.1.1- KWK Perseorangan dan mencek kecocokan unsur lain yang harus dimuat dalam Formulir tersebut. Panitia Juga mencek formulir B.1.1-KWK serta Formulir B.2 dengan melihat persebarannya”. Demikian jelas Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Pasaman Barat, Adri di Kantor KPU Pasaman Barat.

Formulir  B.1-KWK Persorangan sejumlah 25.088 akan diperiksa atas tiga hal, pertama apakah ada di tempel dengan fotocopy Pendukung atau Suket dari Dukcapil, apakah datanya sudah diisikan kedalam formulir dan apakah sudah ditandatangani pendukung. Sebelumya urutan formulir itu harus sudah disusun oleh LO sesuai dengan urutan Formulir B.1.1 KWK yang di Print Out dari SILON. Rekap Formulir B.1.1 KWK akan di sandingkan juga dengan formulir B.1.2 yang juga berasal dari SILON.  Selanjutnya  data dukungan harus tersebar di lebih dari lima puluh porsen kecamatan yang telah ditentukan, untuk Pasaman Barat harus tersebar lebih dari 6 Kecamatan.   

Adri mengatakan, penyerahan dukungan dilaksanakan pada rentang waktu 19 sampai dengan 23 Februari 2020. “Saat ini sebatas pengecekan dokumen secara kuantitatif saja, yaitu apakah surat pernyataan dukungan berupa formulir B.1- KWK tersebut ada atau tidak ditandangani (dibubuhi cap jempol) dan dilampiri foto copy KTP/Suket dari Dukcapil. Kemudian formulir itu di cek kesesuaiannya dengan formulir B.1.1 KWK,” katanya.

“Hasil dari pengecekan jumlah, akan di berikan berita acara diterimanya penyerahan syarat dukungan calon perseorangan atau tidak. Jika memenuhi dukungan minimal dan sebaran dukungan,  maka akan diberikan berita acara menerima. Begitu juga sebaliknya, namun berkas dukungan akan dikembalikan untuk diperbaiki oleh Bapaslon.” Jelas Adri.

Tahapan selanjutnya adalah verifikasi administrasi yang berlangsung 27 Februari sampai dengan  25 Maret 2020.  Selesai tahapan ini, KPU Pasaman Barat akan melakukan verifkasi faktual  26 Maret  sampai dengan 15 April 2020. (TH-PB)

Tinggalkan Balasan