Breaking News

Rekrutmen KPPS Dibuka, Catat Syarat dan Ketentuannya
Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Pasaman Barat Tahun 2020
TANGGAPAN DAN MASUKAN MASYARAKAT TERHADAP DOKUMEN PERBAIKAN SYARAT BAKAL PASANGAN CALON DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2020
Pengumuman Hasil Penelitian Kebenaran dan Keabsahan Dokumen Persyaratan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Tahun 2020
KPU Pasbar Klarifikasi dan Verifikasi Berkas Calon
Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Jalani Tes Kesehatan di RSUP Dr. M. Djamil Padang
KPU Pasaman Barat Menandatangani MoU bersama Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19
57 Orang calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Pasaman Barat Resmi di lantik
Cegah Virus Corona atau Covid-19, Kantor KPU Kabupaten Pasaman Barat Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan
UPDATE!!! Pengumuman Hasil Ujian Tertulis Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU Kab. Pasbar
Pengumuman Pengadaan Barang Umum 2 (Masker Kain, Sarung Tangan Plastik, Tisu Towel Sheet dan Kantong Plastik Tempat Sampah) Pemilihan 2020 Kabupaten Pasaman Barat, bisa Mengikuti Link Berikut
Pengumuman Tender Konsolidasi, Pengadaan Barang Umum 1 (Face Shield, Semprotan/Sprayer, dan Fasilitas Cuci Tangan) Pemilihan 2020 KPU Kabupaten Pasaman Barat, bisa mengikuti Link Berikut ini :
BERITA ACARA HASIL PENANGANAN DUGAAN PELANGGARAN KODE ETIK,KODE PERILAKU, SUMPAH/JANJI, DAN/ATAU PAKTA INTEGRITAS
PENGUMUMAN TENTANG HASIL PENERIMAAN LAPORAN AWAL DANA KAMPANYE (LADK) PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI PASAMAN BARAT TAHUN 2O2O, silakan ikuti link berikut :
Berita

Tingkatkan Kapasitas Operator dengan Perbanyak Latihan

0 3

Jakarta, kpu.go.id – Menyongsong tahapan pencalonan Pemilihan Serentak 2020 yang ditandain dengan dimulainya penyerahan syarat dukungan calon perseorangan, Komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari mengingatkan kepada seluruh operator Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk meningkatkan kapasitasnya masing-masing. Dengan berlatih maka dapat mengasah kemampuan dan kapasitasnya.

“Seperti halnya mahasiswa teknik elektro, jika hanya hafal dan khatam buku elektro, tetapi tidak pernah kesetrum, maka dia lulus dengan sarjana sastra elektro. Jika ingin menjadi sarjana teknik elektro, maka harus terus berlatih elektro. Demikian pula para operator Silon, harus terus berlatih dan punya keterampilan,” pinta Hasyim pada sesi pengarahan Bimtek Gelombang II Penggunaan Silon pada Pemilihan Serentak 2020, di LPPI Jakarta Kamis (21/11/2019).

Hasyim menjelaskan, dalam UU jajaran sekretariat (sekretaris, kabag, kasubbag dan operator) adalah supporting system, sementara anggota KPU sebagai pengambil mengambil keputusan. Untuk itu perlu mekanisme verifikasi sebelum data diunggah dan dikirim ke Silon oleh para operator, karena yang bertanggungjawab adalah anggota KPU di satuan kerja (satker) masing-masing.

“Semua dokumen yang diunggah di Silon harus dipastikan sudah benar dan final. Anggota KPU di masing-masing daerah yang menyelenggarakan pemilihan bertanggungjawab disitu. Sedangkan penanggungjawab terakhir ada di KPU RI. Untuk itu diperlukan ketelitian dan kehati-hatian, mengingat Silon ini adalah tools dan metode pencalonan, apa dan siapa yang dicalonkan, beserta dokumen-dokumennya,” jelas Hasyim yang juga membidangi Divisi Hukum di KPU RI.

Diluar itu Hasyim menambahkan, kecenderungan pencalonan pemilihan saat ini semakin sentralistik, mengingat perlu adanya rekomendasi DPP yang diatur dalam UU. Oleh karena itu apabila usulan dari DPC tidak direstui DPP, maka DPP dapat mengambil alih. “Indonesia memakai semua sistem pemilu, yaitu system member constituencies, seperti di pilpres dengan majority dan pada pemilihan dengan simple majority. Untuk sekarang ini kan yang penting suara terbanyak, tidak ada putaran kedua, langsung ditetapkan,” tutup Hasyim. (hupmas kpu ri arf/foto: zz/ed diR)

About the author / 

superadmin

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadwal Verifikasi Persyaratan Pencalonan dan Syarat Calon

Lindungi Hak Pilihmu

Pastikan Namamu Terdaftar! Klik Lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Info Pemilu

Kategori

Tahapan Pemilihan lanjutan