Breaking News

Rekrutmen KPPS Dibuka, Catat Syarat dan Ketentuannya
Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Pasaman Barat Tahun 2020
TANGGAPAN DAN MASUKAN MASYARAKAT TERHADAP DOKUMEN PERBAIKAN SYARAT BAKAL PASANGAN CALON DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2020
Pengumuman Hasil Penelitian Kebenaran dan Keabsahan Dokumen Persyaratan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Tahun 2020
KPU Pasbar Klarifikasi dan Verifikasi Berkas Calon
Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Jalani Tes Kesehatan di RSUP Dr. M. Djamil Padang
KPU Pasaman Barat Menandatangani MoU bersama Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19
57 Orang calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Pasaman Barat Resmi di lantik
Cegah Virus Corona atau Covid-19, Kantor KPU Kabupaten Pasaman Barat Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan
UPDATE!!! Pengumuman Hasil Ujian Tertulis Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU Kab. Pasbar
Pengumuman Pengadaan Barang Umum 2 (Masker Kain, Sarung Tangan Plastik, Tisu Towel Sheet dan Kantong Plastik Tempat Sampah) Pemilihan 2020 Kabupaten Pasaman Barat, bisa Mengikuti Link Berikut
Pengumuman Tender Konsolidasi, Pengadaan Barang Umum 1 (Face Shield, Semprotan/Sprayer, dan Fasilitas Cuci Tangan) Pemilihan 2020 KPU Kabupaten Pasaman Barat, bisa mengikuti Link Berikut ini :
BERITA ACARA HASIL PENANGANAN DUGAAN PELANGGARAN KODE ETIK,KODE PERILAKU, SUMPAH/JANJI, DAN/ATAU PAKTA INTEGRITAS
PENGUMUMAN TENTANG HASIL PENERIMAAN LAPORAN AWAL DANA KAMPANYE (LADK) PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI PASAMAN BARAT TAHUN 2O2O, silakan ikuti link berikut :
Berita

KIPP PASBAR RAGUKAN PROSES PECALONAN, ALHARIS BILANG BEGINI

0 4

Kab-Pasamanbarat.KPU.go.id – Komisi Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Pasbar mempertanyakan mekanisme pemberian dukungan bagi calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serentak 2020. Pertanyaan ini dimunculkan dalam acara Sosialisasi Tahapan dan Program Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Tahun 2020. 

“Instrumen apakah yang dipakai KPU untuk memastikan dukungan yang dikumpulkan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dari perseorangan?” Kata utusan KIPP Pasbar di Hotel Guci Simpang Empat, Selasa (19/11/2019).

Dedy Aulia Rahmat sebagai utusan KIPP mengkhawatirkan terdapatnya dukungan fiktif, dukungan ganda dan lainnya, sebagaimana yang pernah terjadi pada Pemilu sebelumnya.

Kaslan dari Pemuda Muhammadiyah dan Mustafa Kamal dari PSI juga mengajukan pertanyaan yang senada. “Siapa yang disalahkan jika KTP masyarakat dipakai tanpa sepengetahuan yang empunya, apa yang harus kami lakukan”. Tanya Kaslan.

Alharis sebagai Narasumber menjelaskan bahwa KPU Pasaman Barat tetap akan mengacu kepada aturan PKPU Nomor 15 Tahun 2017 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan  Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota. “Walau aturan yang dimaksud masih dalam proses revisi namun bisa kami jelaskan bahwa masyarakat tidak usah meragukan mekanisme pencalonan, karena tahap verifikasi faktual tidak akan menggunakan data sampel, tetapi kami akan memverifikasi secara keseluruhan”. Ucapnya.

Selanjutnya Alharis juga mengajak masyarakat agar proaktif dalam tahapan pencalonan yang sebentar lagi akan memasuki tahapan. “Jika masyarakat merasa dirugikan, maka laporkanlah kepada yang berwajib”. Terangnya.

Sebagaimana yang diatur didalam PKPU tentang Pencalonan diatas, KPU hanya bisa menerapkan aturan kepada bakal calon, yaitu dengan memberikan sangsi TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Alharis mengakui bahwa keseruan diskusi dalam setiap acara sosialisasi seperti ini sering mereka alami. “Kami bersyukur Pasbar selalu memiliki peserta sosialiasi yang kritis dan aktif dalam diskusi”. Tutup Alharis.

(TH-PB/zz)

About the author / 

superadmin

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadwal Verifikasi Persyaratan Pencalonan dan Syarat Calon

Lindungi Hak Pilihmu

Pastikan Namamu Terdaftar! Klik Lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Info Pemilu

Kategori

Tahapan Pemilihan lanjutan