Berita

Tingkatkan Kapasitas Melalui Orientasi Tugas

0 2

Jakarta, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menggelar Orientasi Tugas Gelombang VI bagi 170 Anggota KPU provinsi dan kabupaten/kota periode 2019-2024, di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Membuka jalannya kegiatan, Anggota KPU RI Divisi SDM, Riset, dan Organisasi, Ilham Saputra berharap peserta orientasi tugas dapat mengikuti rangkaian kegiatan panjang selama 4 hari ke depan dengan serius. Dia mengatakan orientasi tugas merupakan program KPU RI untuk meningkatkan kapasitas jajaran penyelenggara pemilu.

Ilham meminta kepada seluruh peserta dapat membaca dan memahami aturan yang tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 tahun 2019 tentang Tata Kerja KPU, KPU provinsi, dan KPU kabupaten/kota. Beberapa di antaranya mulai dari aturan tata kerja organisasi, pembagian divisi, koordinator wilayah, jam kerja, hingga jenis-jenis rapat perlu menjadi perhatian bersama. “Sebelum dilaksanakan pleno harus ada surat undangan tertulis, ini penting jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu, kita punya bukti adanya pleno secara administrasi ini penting,” pungkasnya.

Sementara itu Anggota KPU RI, Hasyim Asy’ari juga berpesan agar peserta orientasi tugas bekerja sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku. Dia mengajak agar jajarannya membaca kembali asas-asas penyelenggara pemilu, dua yang penting menurut dia tekait akuntabilitas dan transparansi. “Kemudian transparan, ini setidaknya ada dua aspek pertama membuka aspek informasi, salah satu tugas KPU menyampaikan seluruh informasi penyelenggara pemilu, artinya apapun penyelenggara itu diinformasikan kepada publik, kemudian maknanya adalah open to document, ini yang selalu kita lakukan,” tutur Hasyim.

Pentingnya Peran Kesekretariatan

Sekjen KPU RI, Arif Rahman Hakim yang turut hadir dalam orientasi tugas dalam paparannya menjelaskan rencana penguatan struktur organisasi KPU dalam waktu dekat dengan hadirnya dua Deputi untuk Bidang Administrasi dan Bidang Teknis serta Inspektur Utama. “Saya masih punya ambisi kinerja KPU baik penyelenggara pemilu maupun administratif kita bisa dapatkan penilaian terbaik, kita bisa dapatkan WTP,” pesan Arif.

Kepala Biro Umum KPU RI, Yayuk Yuliani ; Inspektur KPU RI, Adiwijaya Bakti ; serta Kepala Biro SDM, Lucky Firnandy Majanto secara berurutan menyampaikan beragam materi mulai dari pentingnya tata kelola Barang Milik Negara (BMN), pengendalian internal, sampai arah kebijakan SDM. (hupmas kpu ri bil/foto: jap/ed diR)

About the author / 

superadmin

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadwal Verifikasi Persyaratan Pencalonan dan Syarat Calon

Lindungi Hak Pilihmu

Pastikan Namamu Terdaftar! Klik Lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Info Pemilu

Kategori

Tahapan Pemilihan lanjutan