Berita

Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Hasil Pemilu 2019

0 1

Jakarta, kpu.go.id – Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menjalani prosesi pengambilan sumpah dan janji di Ruang Paripurna I, MPR, Minggu (20/10/2019). Pelantikan keduanya menandai berakhirnya rangkaian Pemilu Serentak 2019 yang persiapan tahapannya oleh telah Komisi Pemilihan Umum telah berlangsung sejak 2017 silam.

Proses pelantikan berlangsung khidmat dimana sebelumnya Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan Petikan Keputusan KPU RI Nomor 1185/PL.01.9-kpt/06/KPU/VI/2019 Tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilu 2019.

Pada sambutan politisi Partai Golkar juga yang menekankan pentingnya proses pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih yang didapat melalui mekanisme demokrasi yang langsung umum bebas dan rahasia serta menjadi tinta emas bagi perjalanan bangsa.

Bambang mengatakan bahwa sudah sepatutnya rakyat Indonesia bersyukur memiliki sistem demokrasi khas dalam bentuk Pancasila. Suatu sistem yang memuliakan, merawat keberagaman untuk membangun persatuan dalam perbedaan.

Untuk itu dia juga menyebut persaingan ketat yang tersaji selama Pemilu 2019 sudah sepatutnya diakhiri, karena pada dasarnya tidak ada lawan politik yang harus ditundukkan apalagi dianggap musuh, melainkan lawan politik adalah mitra berlomba untuk berbuat baik yang berorientasi pada kepentingan rakyat.

K etua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pun hadir pada kesempatan ini. Mengenakan jas hitam, tampak Ketua KPU RI Arief Budiman bersama Anggota Evi Novida Ginting Manik, Viryan, Hasyim Asy’ari, Pramono Ubaid Tanthowi, Wahyu Setiawan serta Ilham Saputra. (hupmas kpu ri dianR/foto: dosen/ed diR)

About the author / 

superadmin

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadwal Verifikasi Persyaratan Pencalonan dan Syarat Calon

Lindungi Hak Pilihmu

Pastikan Namamu Terdaftar! Klik Lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Info Pemilu

Kategori

Tahapan Pemilihan lanjutan