Berita

KPU Pasbar Mulai Sibuk Persiapan Pilkada Pasbar 2020

0 2

kab-pasamanbarat.kpu.go.id | Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat, empat bulan terakhir telah memulai  persiapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak Tahun 2020, demikian disampaikan Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis, di Sekretariat KPU Pasbar Simpang Empat. Jumat, (18/10/2019).

Tahap awal, KPU Pasbar memulai persiapan dengan menyusun Rancangan Anggaran Biaya (RAB) untuk kebutuhan Hibah Biaya Pilkada. RAB disusun dengan mempedomani Keputusan KPU Nomor 1312/HK.03.1-Kpt/01/KPU/VIII/2019 tentang standar dan juknis penyusunan anggaran dan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Setelah itu KPU pasbar juga melakukan audiensi dengan Kesbangpol dan TPAD. Rasionalisasi RAB KPU Pasbar telah dilakukan beberapa kali. Akhirnya Dana Hibah disetujui  sebesar Rp. 25.470.050.000 (Dua Puluh Lima Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Juta Lima Puluh Ribu Rupiah),” demikian jelas Alharis. 

Alharis melajutkan bahwa, “KPU Kab. Pasbar akan mengurus secepatnya registrasi dana NPHD dan membuka nomor rekening”. Sebelumnya KPU Provinsi Sumatera Barat sudah mengundang KPU Kab. Pasbar serta KPU Kb./Kota lainnya dalam acara Rapat koordinasi untuk membahas masalah terkait penandatanganan NHPD ini. 

Tahap selanjutnya KPU Kab. Pasbar  melakukan Rapat Pleno Penetapan tentang Tahapan, Program, Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. “Kita menargetkan aturan jadwal tahapan ini  sudah ditetapkan sebelum tgl 20/10-2019” terang ketua Divisi Perencanaan data dan informasi  Alfi Syahrin di tempat yang sama.

Sementara itu ketua divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Misdarliah, juga  sibuk merancang kegiatan Launcing Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. “Kita akan buat kegiatan Launching Pilkada ini dengan konsep Indoor saja”, ujar komisioner KPU Pasbar yang satu satunya perempuan itu.

Hal yang sama juga dialami Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, yang dipimpin Adri. “Saat ini divisi teknis sedang merancang kegiatan Penetapan Jumlah minimum dukungan Persyaratan dan Pesebaran pasangan calon berdasarkan rekap DPT”, jelas Adri.

Selain itu masih ada kegiatan yang sedang dibahas, seperti Pendaftaran Pemantau Pemilih, Pendaftaran Pelaksanaam survey atau jajak pendapat, Pendaftaran Pelaksana Penghitungan Cepat. “KPU yang melaksanakan Pilkada serentak akhir-akhir ini memang mulai sibuk, jadi kami butuh dukungan semua pihak”. Tutup Aharis . (TH_KPU_PB)

About the author / 

superadmin

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadwal Verifikasi Persyaratan Pencalonan dan Syarat Calon

Lindungi Hak Pilihmu

Pastikan Namamu Terdaftar! Klik Lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Info Pemilu

Kategori

Tahapan Pemilihan lanjutan